Pundian Cuan Dari Ayam Petelur



Budidaya ayam  ras petelur sudah berkembang sejak akhir tahun 1960 an, namun hingga kini penyebarannya masih belum mampu menjangkau kawasan terpencil. Permintaan terhadap ayam  petelur di Indonesia pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu, peluang usaha peternakan ayam petelur pun terlihat cukup menjanjikan. Selama masyarakat masih menyadari akan pentingnya kebutuhan dan kecukupan gizi bagi tubuh, maka tak dipungkiri permintaan telur akan selalu tetap dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat.Dengan begitu, secara otomatis juga usaha beternak ayam petelur atau yang biasa sering disebut ayam layer, akan tetap berpeluang cukup besar. 

Telur ayam juga sangat banyak manfaat bagi kebutuhan manusia karna di dalam telur mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Vitamin A, vitamin B-12, dan selenium dalam telur adalah kunci utama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Memakan telur secara rutin dan dalam jumlah yang sesuai dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Wahyu adalah seorang pemuda yang berasal dari kecamatan LangsaTimur, Provinsi Aceh yang saat ini sedang menjalankan usaha peternakan ayam petelur. alasan beliau memilih ayam  petelur dibandingkan ayam pedaging karena proses panen ayam  petelur dapat dilakukan setiap hari nya, berbeda dengan ayam pedaging yang biasa dipanen  mencapai beberapa minggu. Ayam petelur biasanya akan mulai menghasilkan telur setelah memasuki usia 4 bulan, yang mana setiap hari mereka bisa menghasilkan telur untuk dikumpulkan atau dipanen.

Untuk ayam  ras petelur sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu petelur medium dan petelur ringan. Ayam petelur medium memiliki  postur tubuh yang cukup besar dan menghasilkan telur yang umumnya berwarna cokelat. Untuk telur yang berwarna cokelat harganya lebih mahal karena kualitas telur yang berwarna cokelat jauh lebih bagus dibandingkan dengan telur yang berwarna putih dikarenakan bobotnya yang lebih berat. Ayam petelur medium ini juga memiliki 2 manfaat yaitu dapat menghasilkan telur dan daging.

Selain itu, ada juga jenis ayam petelur ringan. Jenis ayam ini memiliki ciri-ciri bulu berwarna putih, badan yang lebih ramping dan warna jenggernya yang merah. Ayam petelur ringan ini sering disebut dengan ayam petelur putih. ayam petelur ini memiliki kekurangan yaitu mudah terkejut Apabila ayam terkejut maka produksi telurnya dapat menurun. Ayam petelur rentan akan keributan dan cuaca yang terlalu panas. keberhasilan dalam beternak ayam  petelur juga dilihat dari beberapa faktor seperti pemberian vaksin yang rutin, kemudian menyiapkan bibit juga cukup penting karena ayam petelur dewasa akan berkualitas apabila bibitnya juga berkualitas. Bibit yang berkualitas di dapat dari indukan yang memiliki sifat-sifat unggul. 


Berikut cara membudidayakan ayam petelur :

1. Pilih Lokasi Kandang yang Tepat

Jika Anda akan budidaya ayam petelur, tentu Anda akan membutuhkan tanah yang luas untuk membangun kandang. Selain itu, perlu diperhatikan juga agar mencari lokasi kandang yang tidak berada dekat dengan pemukiman warga sebab bau kotoran ayam apalagi dalam jumlah banyak bisa mengganggu aktivitas warga sekitar.

2. Maksimalkan Pemanfaatan Lahan Kandang

Karena Anda akan memelihara ayam dalam jumlah banyak, maka Anda pun pasti akan membutuhkan lahan yang besar. Bagaimana jika jumlah lahannya terbatas? Maka jawabannya sudah pasti Anda harus memaksimalkan lahan yang ada. Terdapat dua tipe kandang yang bisa dipilih, yakni kandang tipe koloni di mana ayam akan ditempatkan dalam satu kandang besar namun kekurangannya adalah Anda akan sulit mengumpulkan telurnya. Tipe kedua adalah tipe baterai, di mana setiap ayam akan ditaruh di ruang yang terbatas. Kandang tipe baterai juga dapat dibuat bertingkat.


3. Pilih Bibit Ayam yang Baik

Carilah ayam yang berkualitas baik, sehingga Anda akan mendapatkan ayam yang sehat dan lebih tahan terhadap penyakit. Dengan begitu Anda pun tidak akan terlalu pusing memikirkan hama maupun penyakit yang akan menyerang ayam petelur. 

4. Berilah Pakan Bernutrisi dan Vitamin Untuk Ayam Petelur

Dalam tumbuh kembangnya, ayam petelur butuh pakan serta vitamin untuk menghasilkan telur yang optimal. Selain itu, pakan dan vitamin juga mampu memberi perlindungan untuk ayam – ayam agar terhindar dari penyakit serta hama.


5. Berilah Vaksin Untuk Ayam Petelur

Terakhir, yang tak kalah penting juga adalah vaksin. Dengan vaksin, proteksi ayam petelur akan lebih maksimal. Sehingga Anda akan terbebas dari rasa khawatir. Namun, jika pemberian vaksin dirasa cukup memberatkan maka hal yang paling mudah untuk memberi kekebalan tubuh bagi ayam Anda adalah dengan menjemurnya sebentar di bawah sinar matahari pagi setiap hari.

keuntungan dari beternak ayam  petelur adalah ia akan panen setiap hari saat masa bertelur. Saat pengambilan telur  juga dianjurkan untuk langsung di letakkan di nampan telur atau yang biasa sering disebut egg tray. Yang paling penting, telur-telur yang telah dipanen harus diperhatikan dengan baik dan tempat telur dipisahkan antara telur yang normal dan yang abnormal. ciri-ciri telur yang normal adalah berbentuk oval, bersih, dan berwarna kecoklatan. Sedangkan ciri-ciri telur abnormal yaitu berbentuk lonjong, warna pucat, permukaan kulitnya yang kasar dan bentuk telur yang terlalu kecil.

Lebih baru Lebih lama