Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Tanaman Hidroponik, Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Tanaman Hidroponik untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Bidang Pangan di Desa Pondok Pabrik Kebun Lama


Langsa, Lahan pekarangan memiliki potensi yang sangat besar ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber penyedia bahan pangan yang bernilai gizi dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Program yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam bidang pangan yaitu dengan melakukan penanaman tanaman hidroponik di pekarangan rumah warga gampong pondok pabrik kebun lama.

Pengembangan dan pemanfaatan budidaya tanaman hidroponik sederhana di desa pondok pabrik sangat diperlukan untuk menunjang ketersediaan pangan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam upaya untuk memberikanpengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi perilaku masyarakat untuk meningkatkan kesehatan. Khalayak sasaran pada kegiatan pendidikan kesehatan ini yaitu ibu-ibu rumah tangga yang ada di kampung gampong pondok pabrik kebun lama

Hidroponik adalah suatu teknik membudidayakan tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Kelebihan tanaman yang dibudidayakan dengan metode hidroponik adalah hasil  Kelupanen yang diperoleh lebih tinggi dengan  kualitas hasil lebih baik.

Prospek pengembangan hidroponik sangat baik terutama di daerah perkotaan seperti hal nya Desa Pondok Pabrik Kebun Lama , karena :

1.Lahan di daerah perkotaan sangat sempit sebagai akibat alih fungsi lahan  seperti  untuk pembangunan perumahan, perkantoran, pertokoan, dan jalan.  Pada lahan sempit cocok untuk  digunakan usaha pertanian dengan menggunakan teknologi hidroponik. 

2. Kesadaran masyarakat kota semakin tinggi untuk menjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berkualitas baik. Beberapa jenis tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan  dengan sistem hidroponik antara lain: tanaman selada, selederi, kol bunga, pakchoy, takecay dan lain sebagainya.

Kegiatan pengabdian masyarakat di desa pondok pabrik kebun lama menjadikan salah satu rumah warga menjadi sample penanaman tanaman hidroponik untuk dapat di contoh oleh masyarakat lainnya. Kegiatan pendampingan juga dilakukan untuk melihat kondisi tanaman warga masyarakat. Kegiatan penanaman hidroponik yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT-KS IAIN Langsa dimulai pada awal bulan desember hingga awal januari. Mulai dari penyemaian bibit tanamanan hidroponik hingga tanaman dapat di panen. Hasil panen dari tanaman hidroponik, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT-KS IAIN akan dibagikan  kepada warga gampong pondok pabrik kebun lama sebagai contoh berhasilnya pelaksanaan kegiatan Mahasiswa KKNT-KS penanaman tanaman hidroponik di pekarangan salah satu rumah warga di desa pondok pabrik kebun lama.

Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dari kelompok sasaran tentang penanaman media hidroponik untuk menunjang ketersediaan pangan setiapkeluarga di desa pondok pabrik kebun lama. 

 

Penulis : Riza Syauki

0 Komentar