Gangguan Kesehatan Mental - Psikologi Islam

Sumber Gambar : https://pin.it/BaI0eWV

Ditulis Oleh: Yarla Reyhany Mahasiswi Psikologi Islam FUAD IAIN LANGSA

Gangguan jiwa atau mental ilnes adalah dimana keadaan seseorang tidak bisa atau kesulitan dalam persepsinya dengan kehidupan. gangguan mental adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku si penderitanya.gangguan mental harus ditangani dengan cepat agar tidak bertambah parah yang akan membebani keluarga dan lingkungan setempat. gangguan mental tidak bisa diremehkan.karena gangguan mental telah meningkat dengan jumlah sekitar 450 juta jiwa di dunia yang menderita penyakit tersebut.

Kesehatan mental harus diperhatikan seperti penyakit fisik lainnya. Karena penyakit gangguan mental terus meningkat dikalangan masyarakat. Kesehatan mental adalah kondisi dimana seseorang mengetahui potensinya sendiri. Mampu mengatasi permasalahan dan tekanan hidup berbagai situasi, bekerja secara produktif dan berkontribusi pada komunitas mereka (WHO,2013).

Kurangnya kesadaran akan kesehatan mental di masyarakatmenimbulkan perilaku atau sikap yang salah dalam menanganinya. Di Indonesia penyakit kesehatan mental sangat diremehkan. Di daerah daerah terpencil masih banyak kasus tentang pemasungan atau kurungan terhadap mereka yang mempunyai penyakit gangguan mental tersebut. Kurang nya informasi. Kesehatan mental di dunia barat sangat dipandang dengan serius. Mereka yang terkena gangguan mental difasilitasi dan diberi penanganan khusus karena di dunia barat memandang gangguan kesehatan mental  sebagai penyakit yang harus disembuhkan.

Menurut latipun ada beberapa faktor yang memengaruhi kesehatan mental yaitu faktor internal dan faktor eksternal yaitu seperti biologis, psikologis lingkungan dan sosio-budaya. Kesehatan mental tersebut sangat dipengaruhi oleh  keempat faktor tersebut karena empat faktor tersebut saling berhubungan dan bergantungan untuk memainkan peran yang signifikan dalam terciptanya kesehatan mental.( Latipun,2019)

Gejajala kesehatan mental adalah  kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi, delusi atau halusinasi, ketakutan dan kekhawatiran perasaan bersalah yang menghantui.Faktor yang mengakibatkan seseorang terkena penyakit gangguan mental adalah seperti seseorang tersebut mendapatkan perlakuan yang tidak baik. Seperti kekerasan dalam rumah tangga atau mempunyai trauma yang signifikan seperti dilecehkan.gangguan kesehatan mental tidak mengenal umur,ras dan suku. Gangguan kesehatan mental bisa terjadi pada anak anak dan orang dewasa.

Upaya yang bisa mencegah gangguan kesehatan mental seseorang adalah mengubah cara hidup mereka seperti tidur dan bangun secara teratur, melakukan aktifitas fik setiap hari, mengelola stres dengan baik. Jika gangguan mental seseorang sudah cukup serius maka sebaiknya seseorang tersebut dibawa ke psikiater untuk dilakukan pemeriksaan. Terbelbih lagi jika seseorang tersebut sudah memiliki gejala ingin melukai diri sendiri atau orang lain.

 Kesimpulan

Gangguan kesehatan mental harus diperhatikan dan ditangani dengan serius karena gangguan kesehatan mental penyakit yang tidak melihat umur seseorang yang terkena penyakit tersebut. Perlu dilakukan upaya dalam menjaga kesehatan mental seperti meningkatkan komunikasi orang tua dan anak serta memilih lingkungan dengan baik.


0 Komentar