Contoh Format Penulisan Proposal Skripsi, Kenali Perbedaannya Dengan Skripsi

Menyusun dan Menginterpretasikan Informasi, Menyusun Skripsi

Jika melihat contoh proposal skripsi, kamu pasti bisa mendapatkan tips cara menulis proposal skripsi. Skripsi adalah karya akademik yang ditulis oleh mahasiswa pada tahun terakhir mereka sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar sarjana dan lulus.


Namun, sebelum menulis skripsi, mahasiswa harus terlebih dahulu mengajukan proposal skripsi untuk mendapatkan persetujuan jurusan atau program studi. Secara umum proposap skripsi biasanya berisi rencana penelitian yang akan dilakukan.

Dengan kata lain, contoh proposal skripsi mencakup dasar pelaksanaan penelitian, ruang lingkup penelitian, penggunaan teori dan metode penelitian, serta seperangkat sampel bahan penelitian. Tentu saja pernyataan tersebut tidak memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang harus dituliskan dalam proposal skripsi. Namun jika melihat contoh contoh proposal skripsi, maka akan didapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa saja yang perlu disampaikan dalam contoh proposal skripsi.

Berikut adalah format proposal skripsi dan contoh untuk membantu Anda mengetahui cara menulisnya

Sekilas Tentang Proposal Skripsi


Proposal Skripsi yang dikutip dari Buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Skripsi yang diterbitkan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Tahun 2021 ini merupakan rencana penelitian yang diajukan oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing dan ditulis sesuai kaidah penulisan artikel akademik.

Proposal skripsi harus dipresentasikan dalam seminar SPS (Seminar Proposal Skripsi). Mahasiswa harus lulus mata kuliah metodologi penelitian sebelum menulis proposal skripsi. Contoh proposal skripsi minimal terdiri dari tiga bab, yaitu Pendahuluan, Kajian Pustaka dan Metode Penelitian.

Dalam hal penelitian literatur atau tinjauan pustaka, banyak universitas mungkin memiliki kebijakannya sendiri. Namun, ada juga kampus yang memiliki aturan penggunaan referensi berupa artikel jurnal nasional dan internasional, dengan ketentuan 50% di antaranya telah muncul dalam lima tahun terakhir. Referensi lain dapat berupa buku-buku yang relevan sepanjang 50% di antaranya diterbitkan dalam 10 tahun terakhir.

Struktur Proposal Skripsi

Ada banyak contoh skripsi yang diusulkan. Setiap contoh proposal skripsi mungkin memiliki format penulisan yang berbeda. Ini mungkin tergantung pada kampus tempat Anda belajar.

Namun secara umum dapat dilihat dari beberapa contoh proposal skripsi, proposal skripsi memiliki tiga bagian yang sama. Proposal skripsi terdiri dari tiga bagian yaitu bagian awal, bagian utama dan penutup (bagian akhir).

Bagian Pertama Dari Proposal Skripsi

Proposal skripsi harus memuat halaman judul, pernyataan persetujuan, pernyataan non-plagiarisme, dan daftar isi. Sementara itu, lebih banyak bagian dapat ditambahkan sesuai dengan rencana skripsi. Di bagian pertama ini, Anda dapat menambahkan daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

Bagian Inti Dari Proposal Skripsi

Dilihat dari beberapa proposal skripsi, tidak banyak perbedaan pada bagian inti. Jelas bahwa bagian ini merupakan isi proposal skripsi, yaitu sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bagian utama, pengantarnya jelas. Bagian ini juga harus sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan, penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif. Bagian pendahuluan ini dibagi menjadi setidaknya lima subbagian, yaitu latar belakang penelitian, fokus kajian/lingkup penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan kegunaan penelitian.

Pada bab ini, peneliti harus mampu memaparkan argumentasi (posisi) penelitiannya secara sistematis, yang mengarah pada perumusan usulan hipotesis. Pernyataan ini muncul dari tinjauan literatur yang dilakukan melalui kompilasi yang cermat dari berbagai literatur pendukung, yang bukan sekadar rangkuman dari penelitian sebelumnya.

BAB II  TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini, peneliti harus mampu memaparkan argumentasi (posisi) penelitiannya secara sistematis, yang mengarah pada perumusan usulan hipotesis. Pernyataan ini muncul dari tinjauan literatur yang dilakukan melalui kompilasi yang cermat dari berbagai literatur pendukung, yang bukan sekadar rangkuman dari penelitian sebelumnya.

Bab ini biasanya mencakup ulasan tentang studi serupa yang dilakukan di masa lalu. Masalah yang dijelaskan dalam bab ini adalah sebagai berikut:

a) Teori Pendukung

Pada subbab ini, penulis menjelaskan teori yang relevan (jika ada) yang digunakan sebagai dasar untuk menjelaskan argumentasi penelitian.

b) Kerangka teoritis dan pengembangan hipotesis

Kerangka konseptual dibuat berdasarkan hipotesis yang dibangun. Hipotesis harus dibuat berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang mendukungnya. Sistematika subbagian pencarian literatur penelitian kualitatif didasarkan pada persyaratan konsep yang akan dijelaskan dan pengolahan penelitian sebelumnya. Oleh karena itu, penomoran subbab dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, bab ini dapat ditulis dalam dua sub-bab, yang pertama adalah konsep penelitian dan yang kedua adalah review literatur (Telaah Pustaka) penelitian selama ini.

BAB III - METODE PENELITIAN

Penulisan bab ketiga dapat dibedakan berdasarkan jenis data yang digunakan. Namun, jelas bahwa dalam bab ini Anda harus dapat mengajarkan hal-hal seperti metode dan teknik pengumpulan data, metode dan teknik analisis data, serta metode dan teknik analisis data untuk menyajikan hasil.

Bagian Terakhir

Di akhir contoh proposal skripsi, beberapa hal perlu ditentukan. Bagian terakhir dari proposal skripsi harus berisi yang berikut:

a. Daftar Pustaka

b. Instrumen penelitian. Bisa berupa angket (kuisioner), pedoman observasi atau pedoman wawancara. Mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitian dasar harus mengumpulkan kuesioner penelitian yang akan digunakan.

Perbedaan Antara Proposal Skripsi Dan Skripsi


Contoh proposal skripsi tentu berbeda dengan skripsi, meskipun pada akhirnya proposal skripsi juga menjadi bagian dari skripsi. Perbedaan antara skripsi dan proposal skripsi adalah sebagai berikut:

1. Jumlah BAB

Proposal ini biasanya terdiri dari tiga bab, yang terdiri dari Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Pustaka, dan Bab III Metode Penelitian. Skripsi ini terdiri lebih dari tiga bab, beberapa diantaranya merupakan bab proposal sedangkan beberapa bab lainnya berisi pembahasan, hasil penelitian dan kesimpulan.

2. Definisi

Proposal skripsi adalah rencana penelitian yang dibuat oleh seorang peneliti atau mahasiswa. Pada saat yang sama, memahami skripsi itu sendiri merupakan kelanjutan dari proyek penelitian.

3. Ujian

Penilaian proposal skripsi dilakukan dalam seminar proposal yang bertujuan untuk memverifikasi kelayakan proposal itu sendiri. Skripsi diperiksa dengan ujian akhir, di mana siswa mempresentasikan hasil penelitian mereka kepada dosen penguji. Sidang skripsi biasanya diadakan secara tertutup dan dirancang untuk menguji kemampuan mahasiswa terkait dengan isi skripsi.


Lebih baru Lebih lama