Usaha Penggilingan Padi Penggerak Ekonomi Dalam Bahan Pangan di Desa Alue Pineung



Padi merupakan tanaman pangan penghasil beras yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Karena mayoritas masyarakat di Indonesia mengkonsumsi nasi, sehingga pengembangan para Petani dan para pemilik usaha penggilingan harus saling bersinergi agar memberikan dampak positih bagi masyarakat di Desa Alue Pineng, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa Provinsi Aceh. Ada pabrik penggilingan padi yang sudah di dirikan sejak tahun 1973, kilang padi ini di jalankan turun- temurun yang sekarang di kelola oleh bapak ikhsan.

Dengan demikian potensi yang dimiliki tidak akan ada artinya jika tidak dikembangkan dengan baik. Maka dsri itu diperlukannya kerjasama dari Otoritas setempat dan dukungan dari semua pihak agar sumber daya yang alam yang ada dapat memberikan hasil yang optimal demi memenuhi kebutuhan masyarakat . 

Kilang tersebut berawal dari bangunan kecil dan sekarang menjadi besar dengan ada pabrik pengilingan padi yang ada di Desa Alur Pinang milik pak ikhsan, lebih memudahkan masyarakat untuk menjual hasil panen dan proses penggilingan lebih maksimal, karena dapat dengan cepat untuk dipasarkan.
Kilang pak ikhsan juga langsung memiliki open pengering padi yang lebih memudahkan para pekerja dalam penggilingan.

Terakhir pabrik pak ikhsan memiliki 14 karyawan yang di perkerjakan adapun proses penggilingan padi pak ikhsan bisa menghasilkan beras dalam perminggunya kurang lebih 10 Ton. Adapun langkah-langkah penggilangan padi sebagai berikut:

1.Padi terlebih dahulu dikeringkan di dalam open sampai kadar air 13% 
2.Padi tersebut di dinginkan selama satu hari
3.Proses penggilingan yang memisahkan kulit menjadi beras, dan
4.Beras tersebut di kemas menggunakan kantong/goni beras.


Ditulis oleh RAHMAT HANDOYO (1052109056), Mahasiswa PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH,FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN. Dosen Pembimbing Lapangan Dr.T.Wildan, M.A

0 Komentar