Ini Dia Juara Lomba Drum Band Antar Sekolah Kabupaten Aceh Timur



Aceh Timur-Pj bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin melalui Staf Ahli Bupati Aceh Timur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik M Khairurradi S.Pd secara resmi menutup pelaksanaan kegiatan Lomba Drum Band Tingkat SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA dan sederajat Kabupaten Aceh Timur yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh dalam rangka memeriahkan HUT Aceh Timur ke-66.Senin (5/12/2022).

Lomba berlangsung di lapangan upacara pusat pemerintahan kabupaten Aceh timur.

Kadis Dikbud Aceh Timur Saiful Basri S.Pd.M.Pd melalui Kabid SD Rildwan S.Pd.M.Pd  menyampaikan, tujuan kegiatan ini yakni untuk  meningkatkan dan memasyarakatkan drum band di Aceh Timur; melalui lomba ini diharapkan anak/siswa disiplin dan kompak.

Peserta sebanyak 7 korwil namun yang tampil pada even ini hanya 5 korwil.baik dari jenjang SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK/MAN se-Kota Kabupaten Aceh timur.

Dewan juri berasal dari Persatuan Drum Band Aceh Timur. Pada kejuaraan ini dikumpulkan poin terbanyak dari 8 kategori penilaian yakni general effect, musik, display, bendera, visual effect, mayoret, gita patih, dan kostum.ujar Ridlwan Kabid SD.

Sementara Staf Ahli Bupati Aceh Timur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik M Khairurradi S.Pd  menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter ini. Disampaikannya, drum band atau marching band adalah paduan antara seni musik, keterampilan baris-berbaris, kerjasama tim, dan kekuatan fisik.

“Latihan bersama selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, bukan satu-satunya tantangan anggota tim marching band. Dengan jumlah anggota tim yang mencapai puluhan bahkan ratusan, grup marching band juga perlu saling beradaptasi, menerima dan memahami perbedaan, untuk kemudian bergerak bersama dalam keharmonisan irama, menampilkan satu pertunjukkan megah”, ujarnya.

Lanjutnya, proses latihan grup marching band memberikan banyak pembelajaran pada anggotanya. Jika sejak dini anak-anak bergabung di grup marching band, sejumlah karakter positif bisa terbangun. Marching band juga mendidik anak cara bersosialisasi dan berorganisasi.

“Namun utamanya adalah, anak tumbuh menjadi pribadi yang memiliki disiplin tinggi. Telat satu menit saja datang latihan, ini berdampak pada kekompakan grup. Melalui keikutsertaan dalam kelompok marching band, anak-anak kita bisa tumbuh menjadi pribadi yang disiplin. Nilai kedisiplinan inilah yang sedang kita giatkan untuk diterapkan pada semua lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa”, M Khairurradi S.Pd 

Kegiatan perlombaan dan penilaian berjalan semarak diwarnai berbagai tampilan atraksi dan keterampilan para peserta.

Untuk jenjang SD/Min  juara I diraih oleh Min 4 dengan poin 803,1.juara II diraih SD Blang Nisam dengan poin 784,5 dan III jatuh kepada SD 1 Idi dengan nilai 765,6.

Untuk jenjang SMP/MTSN, juara I diraih oleh SMP negeri 1 Idi Rayeuk dengan nilai 815,4.Juara II diraih oleh SMP negeri simpang Ulim dengan nilai 780,4 dan juara III diraih oleh MTSN 2 Aceh Timur dengan nilai 776,2.

Untuk jenjang SMA/SMK/MAN, juara I diraih oleh SMA negeri 1 Idi Rayeuk dengan nilai 839,3.Juara II diraih oleh MAN Ranto dengan nilai 820,6 dan juara III diraih oleh SMA negeri 1 Julok dengan nilai 797,8.

0 Komentar