Artikel Oleh : Mahasiswa FEBI IAIN Langsa ( Fitria,Ayya,Zuhra dan Zainal )

Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya. Pemandangan alamnya yang begitu asri dan hijau,keindahan pulau,membuat Indonesia memiliki banyak tempat wisata. Di provinsi Aceh juga banyak memiliki keindahan alam dan tempat wisata yang indah dan alamiah. Bukan hanya di pusatnya saja bahkan di daerah pedalaman pun juga menyimpan keindahan alam yang begitu luar biasa, salah satu nya di Desa Batu Bedulang,kecamatan Bandar Pusaka,kabupaen Aceh Tamiang di  tempat ini menyajikan pemandangan dan tempat wisata yang indah namun jarang terekspos keluar daerah.

Desa batu bedulang adalah desa yang terletak di ujung Aceh Tamiang desa ini hanya memiliki dua dusun dan tidak banya warga yang tinggal di desa ini. Bahkan warga Aceh Tamiang sendiri pun masih ada yang belum mengetahui tentang desa ini. Siapa sangka desa yang namanya saja jarang di dengar oleh masyarkat namum menyimpan begitu banyak keindahan alam yang dapat memanjakan mata yang tidak kalah indahnya dengan pemandangan-pemandangan alam yang ada di penjuru nusantara.

Pemandangan alam yang ada didesa batu bedulang ini meliputi gunung-gunung hijau yang di lengkapi kabut dan pepohonan rindang yang menambah keindahan di desa ini,udara di desa ini masih sangat segar yang jauh dari polusi, desa yang terletak diujung Tamiang ini juga memiliki tempat wisata yang indah dan cantik. Sangat jarang masyarakat luar datang ke desa ini. Sehingga pemandangan alam dan wisata yang ada di desa ini hanya di nikmati oleh penduduk local saja, serta juga menggunakan hasil alam untuk kehidupan sehari hari.


Tempat wisata itu adalah pemandian alur dammar atau yang sering di sebut dengan pemandian perbatasan oleh warga setempat. Dinamakan pemandian perbatasan karena lokasi tempat wisata ini berada antara perbatasan Aceh Tamiang dan Aceh Timur. Sepanjang jalan menuju tempat wisata ini kita akan selalu takjub dan bersyukur dengan pemandangan yang telah Yang Maha Kuasa ciptakan. Pemandian perbatasan ini sangat indah dan masih asri,batu-batu dan air terjun kecil juga ada jembatan kayu yang cantik yang mengiasi pemandian ini. Air gunung yang langsung mengalir kepemandian ini sangat sejuk dan segar ditambah dengan pemandangan gunung-gunung yang dipenuhi pepohonan rindang yang dapat memanjakan mata kita saat melihatnya dan suara gemersuk air yang membuat kita tenang ketika berada di tempat ini.

Pemandian ini di lengkapi dengan beberapa fasilitas,seperti mushola untuk tempat beribadah, cakruk atau gubuk untuk tempat pengunjung beristirahat,toilet dan kamar untuk mengganti pakaian serta ada kantin kecil disana. Tempat pemandian alur dammar atau pemandian perbatasan ini memang ukurannya tidak terlalu besar, karena pemandian ini masih milik pribadi. Menurut pak Wen selaku pemiliki pemandian ini ia mengakatkan bahwa awalnya tempat pemandian ini memang sudah ada namun bukan sebagai tempat wisata kemudian ada salah satu warga yang memberi ide kepada pak Wen untuk berjualan di tanah beliau,karena ramai orang yang datang untuk bermain air di tanah beliau. Dari situ lah beliau mulai membangun tempat pemandian ini menjadi tempat wisata yang ada di desa Batu Bedulang ini dengan menggunakan dana pribadi.


Beliau juga mengatakan pemerintah Aceh Tamiang mau membantu untuk membangun tempat wisata ini agar lebih maju dan berkembang, mulai dari memberikan dana sampai dengan konsultannya, baru baru ini bapak wakil bupati Aceh Tamiang mendatangi tempat wisata pemandian perbatasan ini untuk membahas lebih lanjut tentang pengembangan wisata tersebut, pak Wen juga menambahkan insyaallah dalam waktu dekat ini wisata pemandian perbatasan akan di renovasi untuk menambah kenyamanan para pengunjung dan menarik perhatian orang luar untuk berwisata di tempat ini.

Kita semua berharap semoga dengan adanya campur tangan pemerintah untuk membangun tempat wisata yang berada di ujung tamiang ini bisa membuat desa Btu Bedulang lebih kenal oleh masyarakat banyak. Dengan berkembangnya wisata lokal pemandian perbatasan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar dan dapat mensejahterakan masyarakat di desa Batu Bedulang. Mari kita sama-sama mencintai dan meramaikan wisata wisata local yang berada di pelosok desa untuk membantu menjadikan desa tersebut lebih maju.

Post a Comment

Previous Post Next Post