Artikel Oleh : Mahasiswa FEBI IAIN Langsa ( Fitria,Ayya,Zuhra dan Zainal )

Pakaian adat adalah konstum  yang mengekespresikan atau menggambarkan identitas dan jati diri dari sebuah daerah. Busana ini dikenakan untuk mewakili budaya atau identitas suatu kelompok suku bangsa. Di Indonesia sendiri, pakaian adat umumnya digunakan untuk merayakan acara-acara istimewa.

Aceh  memiliki 13 suku bangsa, salah satunya adalah suku Gayo, wilayah suku Gayo ini meliputi kabupaten Benar Meriah,Aceh Tengah dan Gayo Lues. Selain itu suku Gayo juga mendiami sebagian tempat di daerah Aceh Tenggara,Aceh Timur dan Aceh Tamiang. Di Aceh Tamiang sendiri kita dapat menemukan mayoritas penduduk yang bersuku Gayo salah satunya di desa Batu Bedulang,kabupaten Bandar Pusaka. Di desa ini mayoritas penduduk nya bersuku Gayo yang masih kental dengan kebudayaan dan adat istiadat.

Desa Batu Bedulang memiliki keindahan alam yang masih sangat asri dan alami,masih banyak pepohonan dan perbukitan yang indah yang membuat udara didesa ini sangat sejuk,didaerah ini juga memiliki seni dan budaya yang unik yaitu tari saman,tari bines dan tarian lainnya. Daerah ini juga memiliki kebudayaan yang unik dimana mereka memiliki pakaian adat khas tersendiri yang dinamakan baju adat kerawang Gayo.

Kerawang gayo adalah nama sebutan terhadap motif-motif dan ukiran yang terdapat pada kain yang bisa kita lihat pada baju adat mereka, motif kerawang gayo juga biasanya di ukir pada kayu,seperti di rumah Adat Gayo sebagai pelengkap rumah suku Gayo. Motif ini yang membuat Kerawang Gayo menjadi bagian istimewa serta memiliki makna tersendiri bagi masyarakat di desa ini.

Kata kerawang berasal dri dua kata yaitu “iker” yang memiliki ari dasar buah pikiran,dan “rawang” yang berarti ramalan,jadi kerrawang dapat diartikan ramalan sebuah pemikiran pemagar adat.simbol-simbol kerawang difungsikan sebagai symbol-simbol yang memiliki makna tentang tuntunan dan tatanan di berbagai aspek kehidupan masyaraka. Sehingga diharapkan masyarakat Gayo dapat memegang teguh pedoman dalam berprilaku sesuai dengan symbol-simbol yang ada pada motif kain kerawang gayo. Motif yang terdapat pada kain kerrawang gayo adalah mata itik,pucuk rebung,sesirung,leladu,mun barangkat,tulen iken,puter tali,bunge kipes,gegaping,panah dan motif selalu. Ada beberapa warna yang ada dalam kain kerrawang gayo yaitu warna item (hitam) sebagai dasar warna,serta putih (putih),ijo (hijau),dan using (kuning) sebagai warna pelengkap yang menjadikan corak atau motif menjadi indah.

Dari beberapa warna tersebut memiliki makna tersendiri yaitu : hitam yang yang merupakan hasil dari keputusan adat,merah sebagai tanda berani (mersik) bertindak dalam kebenaran,putih sebagai tanda suci dalam bertindak lahir dan batin,kuning sebagai tanda hati-hati (urik) dalam kehidupan sehari-hari. Jadi kesimpulan dari warna kerawang tersebut bagi masyarakat gayo adalah melambangkan sebagai masyarakat yang mersik (berani),lisik (rajin) dan urik (telliti).

Sedangkan makna motif-motif kerrawang Gayo juga memiliki artidimana motif mata itik mempunyai makna bahwa yang ikut menentukan dalam kehidupan masyarakat Gayo adalah penghulu,motif puncak rebung bermakna bahwa masyarakat Gayo mencintai keadilan dan kedamaian, motif sesirung mempunyai makna bahwa dalam kehidupan masyarakat Gayo saling membantu,motif leladu bermakna bahwa dalam kehidupan masyarkat Gayo memiliki harkat dan martabat dan berwibawa, motif mun berangkat bahwa makna masyarakat Gayo mempunyai cia-cita dan tata cara dalamkehidupan bermasyarakat, motiftelenni iken bermakna masyarakat Gayo memiliki sifat untuk membela diri dalam kebenaran, takut karena salah dan berani karena benar motif motif puter tali bermakna dalam kehidupan masyarakat Gayo terdapat kesatuan dan persatuan,motif bunge kipes mempunyai maknabahwamasyarakat Gayoitu harmanonis antara manusia dengan tuhan,motif gegaoing mempunyai makna bahwa masyarakat Gay mempunyai ketaatan terhadap pemerintah,agama dan adat istiadat, motif bunge panah memilikimakna bahwa masyarakat gayo memiliki sifat keterbukaan dalam menerima dan menjalakan ketentuan segala hal yang bertentangan dengan agama dan adat,motif selalu bermakna bahwa masyarakat Gayo memiliki sifa kejujuran dan ketulusan hati dalam menjalakan kehidupan sehari-hari

Kain kerrawang Gayo memiliki arti dan makna yang dalam bagi masyarakat           Gayo,dari zaman dahulu sampai sekarang masyarakatkhususnya yang bersuku Gayo selalu menggunakan dan memakai kain kerrawang dalamsetiap kegiatan mereka sperti kegiatan adan dan budaya,acara pernikahan dan acara lainnya. Semakin berkembangnya zaman kain kerrawang sudah banyak di gemari oleh banyak orang karena kerrawang gayo sudah memiliki priduk yang beragam. Dan bukan hanya masyarakat Gayo saja yang menggemari kerrawang tersebut akan tetapi mesyarakat luar juga banyak yang menggemarinya.

Didesa Batu Bedulang pakaian adat kerrawang Gayo selain menjadi baju adat dan budaya tetapi juga menjadi BUMK di desa tersebut,baju tersebut di sewakan kepada warga setempat dan juga kepada pendatang. Setiap warga yang mempunyai hajatan atau acara-acara resmi bisa menggunkan baju adat tersebut dan kepada pendatang yang ingin memcoba menggunkan baju tersebut untuk mempelajari budayanya juga bisa menyewanya dengan harga tertentu. Bapak ketua pemuda mengatakan bahwa baju adat gayo ini bahannya langsung di kirim dari gayo takengon dan harganya bisa sampai belasan juta, oleh sebab itu baju adat ini disawakan dengan harga yang lumayan mahal. Dan biasanya harga sewa baju ini di tentukan sesuai dengan jarak yang akan kita baju ini pergi untuk mengambil gambar, makin jauh baju ini kita bawa, maka semakin mahal pula harganya.

 Selain menjadi budaya dan pakaian daerah baju adat ini juga bisa membantu perekonomian didesa batu bedulang, dengan begitu pakaian adat mereka bisa dikenal oleh orang banyak dan juga bisa membantu perekonomian desa tersebut. Menggabungkan antara adat budaya dengan ekonomi merupakan hal yang unik dan kreatif untuk menambah pendapatkan desa.Terlepas dari semua ini ketika anda berkunjung kedesa batu bedulang ini jangan hanya sekedar untuk menikmati pemandangan dan wisata nya tetapi anda juga bisa menyewa baju ini,selain untuk mengabadikan gambar tapi anda juga bisa sekalian belajar tentang budaya sekaligus membantu perekonomian desa tersebut.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post