Artikel oleh : Muhammad Dimas Ariza, Muhammad Asnawi, Masyitah, Miftanul jannah (FEBI WORK CAMP JILID II) Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri langsa (IAIN LANGSA)
 

Desa Pengidam merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Tamiang Hulu kabupaten Aceh Tamiang. Di desa ini pada umumnya memiliki suatu lembaga pendidikan demi meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang bermanfaat bagi anak-anak khususnya di desa pengidam, lembaga pendidikan tersebut yaitu sekolah dasar (SD) negeri Pengidam.

pendidikan merupakan upaya untuk membantu peserta didik agar mereka mampu mengerjakan tugas kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab secara oral dan susila. Dalam hal ini, pendidikan juga diartikan sebagai upaya untuk membangun anak agar lebih dewasa.

Konsep pembelajaran literasi itu sendiri yang seringkali kita jumpai adalah proses berkelanjutan yang sangat dinamis, mulai dari munculnya rasa ingin tahu, kemampuanberpikir kritis, berbahasa lisan, hingga pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan tersebut mengikuti perkembangan zaman untuk digunakan dalam proses belajar sepanjang hayatnya.

Masalah yang terjadi secara nyatanya di sekolah dasar negeri Pengidam banyak sekali peserta didik yang masih kurang dalam literasinya. Pembelajaran di sekolah dasar negeri Pengidam saat ini belum mampu meningkatkan hal tersebut dikarenakan tenaga pendidik yang kurang, sekolah yang masih mengalami ketertinggalan dalam peningkatan literasi peserta didik, kurangnya produksi buku di desa tersebut serta fasilitas belajar dan prasarana pendidikan yang masih minim.

Terdapat 6 hal mengenai konsep literasi dasar yang perlu diajarkan diantaranya :

    1.Literasi baca tulis

    2.Literasi sains

    3.Literasi digital

    4.Literasi numeris

    5.Literasi finansial

    6.Literasi budaya dan kewargaan

Namun, dalam jenjang sekolah dasar (SD) hanya lebih difokuskan untuk pembelajaran literasi seperti, baca tulis, berhitung, siswa menyimak video pembelajaran, medengarkan guru bercerita, serta numerasi.

Dengan adanya kegiatan atau gerakan literasi sekolah (GLS) tersebut bertujuan untuk menumbuhkan gagasan, keterampilan dan kecerdasan. Untuk pembelajaran literasi sendiri di sekolah dasar negeri pengidam memang perlu untuk diadakan program tersebut. Perlu kita ketahui bahwa literasi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat khususnya di desa pengidam. Pembelajaran literasi juga bukan hanya dapat dilakukan pada waktu jam sekolah saja tetapi alangkah baiknya dapat dilakukan diluar jam belajar atau sepulang sekolah. Hal ini dapat bermanfaat demi mengembangkan kekreatifan serta kecerdasan kognitif pada peserta didik.

Post a Comment

Previous Post Next Post