Faedah Belajar Matematika Bagi Kehidupan

 


Manfaat belajar matematika bagi kehidupan tentunya sangat besar. Walaupun begitu ada Sebagian pelajar yang menganggap mata pelajaran berhitung ini sebagai ilmu paing sulit dibandingkan mata pelajaran lainnya. Sehingga banyak sekali pelajar yang tidak menyukai matematika. Padahal matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Peran mata pelajaran matematika sangatlah penting didalam dunia pendididkan diIndonesia. Mata pelajaran matematika selalu ada dalam berbagai tingkatan sekolah mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan matematika tidak terlepas dari kehidupan. Sebab, setiap harinya manusia akan menghitung dan menggunakan ilmu matematika dalam berfikir atas solusi dari segala masaah yang berkaitan langsung dengan alam, ekonomi, dan sosial.

Ilmu matematika merupakan ilmu yang sangat luas dan tidak bisa berdiri sendiri. Segala macam ilmu lainnya pasti bisa dimasuki oleh ilmu matematika. Bahkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari sudah biasa dicampuri oleh ilmu matematika. Seperti ilmu Teknik, arsitektur, kedokteran, sosial, ekonomi, statistik, biologi, fisika, kimia, dan ilmu-ilmu lainnya. Sebagai ilmu yang memiliki kedudukan penting didalam kehidupan manusia maka matematika memiliki banyak manfaat bagi manusia untuk dipelajari.

Manfaat Belajar Matematika Menurut Para Ahli

Untuk bisa menguasai matematika harus dimulai dengan menyenangi matematika, apabila dari awal kita sudah tidak senang dengan belajar matematika, maka kita akan terus merasakan sulit disaat sedang belajar matematika. Kemudian kita juga perlu mengetahui fakta apa saja didalam matematika dan manfaat yang menarik tentang matematika bagi setiap orang. Yang paling nyata dengan menguasai pembelajaran matematika adalah kita akan dicap sebagai orang yang pintar. Berikut merupakan bebebrapa manfaat belajar matematika menurut para ahli yaitu:

1.Membangun pola pikir yang sistematis

Jika kita selama ini berfikir tidak teratur dan runtut maka anda bisa belajar matematika yang bisa melatih anda untuk berfikir sistematis. Salah satu manfaat belajar matematika bagi anak adalah melatih anak untuk berfikir secara sistematis dalam soal pekerjaan, tugas sekolah maupun belajar sehari-hari.

2. Berkembangnya logika berpikir

Salah satu hal yang perlu diasah untuk meningkatkan kesuksesaan manusia adalah melatih kemampuan logika berfikir yang baik dan benar. Semua itu bisa diasah dengan anda terbiasa belajar rumus matematika. Karena itu manfaat belajar matematika bagi kehidupan akan membuat logika berfikir kita lebih realistis dan logis dalam mengambil setiap keputusan dari setiap permasalahan.

3. Generasi penuh perhitungan

Manfaat belajar matematika menurut para ahli bagi generasi muda adalah menjadikan kita menjadi penuh perhitungan dalam mengambil setiap keputusan. Contohnya dalam membuka suatu usaha, seseorang akan berfikir mengenai modal usaha yang harus dipersiapakan dan seberapa biaya dan keuntungan dari usaha yang akan dijalankan. Dengan perhitungan yang tajam tersebut tidak membuat seseorang menjadi ragu untuk memulai suatu usaha. Tetapi semangkin yakin bahwa usaha yang akan dijalankannya akan berhasil. Kalaupun tidak berhasil maka seseorang bisa mengantisipasinya dengan mengambil langkah kedua atau ketiga dan seterusnya.

Manfaat Belajar Matematika Bagi Kehidupan Sehari-hari

Didalam kehidupan sehari-hari, manfaat matematika  sangatlah terasa besar bagi seseorang. Berikut ini beberapa manfaat matetika dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia, antara lain:

1.     Pengetahuan untung dan rugi yang baik

Dengan anda bisa matematika maka anda akan mengetahui kapan anda untung dan rugi. Manfaat belajar matematika bagi kehidupan adalah ketika anda menjual barang lebih tinggi dari harga jual. Sedangkan rugi adalah ketika anda menjual barang dengan harga lebih rendah dari harga beli. Tanpa memiliki kemampuan matematika yang baik, maka anda tidak bisa mengetahui perhitungan untung dan rugi dalam bisnis atau perdagangan.

2.     Melatih sikap sabar

Matematika adalah mata pelajaran umum yang bisa dipejari oleh semua kalangan yakni anak-anak dan orang dewasa yang mempunyai manfaat besar lainnya yakni melatih kesabaran. Karena soal matematika perlu waktu yang sedikit lama untuk menghitung dan menyelesaikannya. Tidak bisa seseorang tergesa-gesa dalam menjawab soal matematika atau berhitung. Karena jika melakukan demikian  jawabannya bisa saja keliru.

3.     Meningkatkan daya pikir yang kritis dan kreatifitas

Ilmu matematika melatih manusia untuk terus berfikir secara kritis dan jernih. Logika manusia berjalan secara benar dan berkembang dari hari ke hari. Mereka yang terbiasa dengan matematika akan pandai berhitung dan menganalisis suatu masalah secara objektif.

4.     Materi matematika yang berguna

Materi matemtika tidak hadir dengan sendirinya. Tapi kehadirannya mempunyai fungi dan tujuan serta manfaat masing-masing. Ada beberapa materi matematika yang manfaatnya dirasakan langsung oleh manusia itu sendiri. Seperti kegunaan aljabar linear dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan limit, matriks dan fungsi kuadrat dalam  kehdiupan sehari-hari. Semua itu bisa dirasakan manfaat matematika bagi kehidupan sehari-hari dengan penawaran yang dilakukannya.

Demikianlah penjelesan berbagai manfaat belajar matematika bagi kehidupan. Sangat banyak kegunaan matematika dalam kehidupan kita, tanpa sebuah ilmu matematika mungkin saja kita kurang memahami hal tentang untung rugi, penjumlahan dan pengurangan. Karena manfaat matematika itu pada hakikatnya sangat beririsan dengan beragam bidang kerja. Maka dari sedini mungkin kita usahakan untuk mencintai pelajaran matematika.

Penulis : Putri Salsabilla dan Khairunnisak, Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa

0 Komentar