Pentingnya Memperkenalkan Agama Bagi Anak Dari Sejak Dini


Raudhatul Athfal (RA) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) jalur formal yang menyelenggarakan program pendidikan umum dan pendidikan keagamaan Islam bagi anak usia empat tahun sampai enam tahun di bawah pembinaan Kementerian Agama.

Jalur Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) termasuk pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

RA yang didirikan oleh seorang guru yang bernama siti hajar atau kerap di panggil Bu siti ini bertujuan untuk mengembangakan minat belajar anak sambil bermain dan juga berlandaskan agama. Sedangkan tempat yang didirikan RA ialah rumah kediaman ibu siti sendiri yang memiliki beberapa kamar dan kini telah di jadikan kelas-kelas untuk belajar anak-anak didik.

RA pendidikan islam terpadu ini bernama Raudhatul Athfal Arrahman yang bertepatan di jalan pertamina desa Alue Dua kecamatan Ranto Peureulak kabupaten Aceh Timur. Di sini anak-anak belajar sambil bermain dan materi yang di ajarkan lebih condong ke keagamaan, RA ini terbagi atas tiga kelas yang mana dua kelas B dan satu kelas A yang pada masing-masing kelas di pegang oleh seorang guru atau ustazah.


Dalam pembagaian kelas dibedakan dalam segi umur dan perkembangan dalam belajar si anak, anak-anak yang berumur empat tahun hingga lima tahun berada pada kelas A sedangkan yang berusia lima tahun sampai enam tahun berada di kelas B. jadwal masuk di RA ini sama dengan sekolah-sekolah lainya, yaitu pada jam 08:00 sampai jam 11:00 WIB.

Sistem belajar yang diajarkan di sini yaitu pembinaan yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

(Penulis: Raudhatul jannah, Mahasiswi KPM Termin II IAIN Langsa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam)

0 Komentar