4 Alasan Utama Generasi Milenial Gemar Nongkrong dan Ngopi

Generasi milenial dikenal juga sebagai generasi Y atau generasi Langgas. Istilah milenial sendiri diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. Generasi milenial lahir antara tahun 1980-an hingga tahun 2000-an dimana perkembangan teknologi yang sangat pesat. Jika dilihat dari kelompok umur, generasi milenial merupakan genarasi yang saat ini berusia kisaran 21-41 tahun.

Generasi milenial memiliki karakteristik yang unik dan khas salah satunya gemar nongkrong dan ngopi. Di kota Langsa sendiri bisnis coffee shop atau cafe kian menjamur di berbagai sudut kota. Mulai dari cafe bertemakan alam sampai cafe bertema klasik pun ada. Hal ini di dorong dengan banyak generasi milenial Langsa yang semakin menggemari tempat nongkrong dan ngopi yang Aesthetic dan Instagrameble untuk mengisi halaman sosial medianya atau hanya sekedar nongkrong dan ngumpul bersama.

Banyak alasan mengapa nongkrong dan ngopi menjadi kegiatan yang sangat di gemari oleh generasi milenial khususnya Langsa. Berikut ini beberapa alasannya:

#Ilustrasi

1. Tempat ngumpul dan hilangkan rasa bosan

Alasan utama yaitu kafe  jadi tempat yang cocok dan pas untuk nongkrong sama teman-teman dan dengan harga kopi yang pas di kantong serta dapat tempat yang bagus. Tidak seperti di restoran yang harga mahal serta tidak cocok dengan kantong para milenial. 

2. Mencari tempat foto yang Aesthetic dan Instagrameble.

Perkembangan sosial media yang begitu pesat mau tidak mau milenial juga harus aktif di sosial medianya. Sehingga perlu mencari tempat foto yang Aesthetic dan Instagrameble tanpa pelu pergi liburan jauh-jauh yang perlu banyak biaya.

3. Tempat yang nyaman untuk tugas dan kerja

Ada juga yang nongkrong di cafe untuk buat tugas kuliah atau pun berkerja, hal ini didukung dengan tempat yang nyaman dan tersedianya wifi gratis membuat generasi milenial betah berlama-lama buat tugas ataupun kerja.

4. Budaya nongkrong

Orang Indonesia sejak dulu sudah gemar nongkrong dengan keluarga atau teman. Kebiasan ini juga menurun ke generasi milenial, yang membuat generasi ini sangat gemar nongkrong berjam-jam. Kopi menjadi teman untuk nongkrong sehingga tidak mengantuk sampai larut malam. 

Tidak menjadi masalah nongkrong dan ngopi menjadi bagian dari keseharianmu. Namun, agar tetap sehat kamu juga perlu memikirkan keamanan dan kesehatanmu untuk jangka panjang. Mulailah menyeimbangkan gaya hidup dengan menjaga kesehatan tidak berlebihan mengonsumsi minuman yang ber kafein.

Memang budaya  nongkrong dan ngopi tidak dapat di hilangkan begitu saja, tentu budaya ini memiliki keuntungan kalau kita lihat dari segi bisnis. Permintaan terhadap tempat nongkrong dan ngopi menjadi anugerah tersendiri bagi pengusaha coffee shop disamping terdapat sisi negatifnya. Di Langsa sendiri tempat nongkrong sudah menjadi incaran para milenial. Apalagi ditambah dengan harga minuman yang terjangkau dengan tempat yang mewah dan nyaman. 


Penulis : Imam Nur Rahman ( KPM-DR SOSIAL MEDIA IAIN LANGSA 2021 )

0 Komentar