Sekilas Tentang Rujak Arakundo Salah Satu Makanan Khasnya Aceh Timur


Aceh Timur memiliki beberapa macam makanan khas dari daeranya, salah satu makanan khasnya yang tidak kalah enak dan terkenal adalah rujak arakundo.

Rujak arakundo adalah salah satu makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur. Makanan ini cukup terkenal dan diminati oleh para pecinta kuliner. Nama arakundo sendiri bukanlah jenis rujak, melainkan nama sebuah desa di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur. Rujak ini banyak dijual di sepanjang Jalan Medan-Banda Aceh di Arakundo dan sekitarnya.

Rujak aceh ini memiliki rasa khas tersendiri yang membuatnya berbeda dengan rasa rujak pada umumnya, yaitu menambahkan sedikit perasan jeruk nipis didalamnya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan rujak arakundo ini yaitu: mentimun, bengkuang, nanas, mangga kuwini, mangga mengkal, jambu air, pepaya mengkal, air jeruk nipis, cabai rawit merah, gula pasir, garam, buah rumbia, dan lain-lain.

Selain rasanya yang enak, rujak arakundo ini juga nikmat disantap ketika sore hari bersama teman dan sambil menikmati segelas air kelapa muda. (Raudhatul Jannah)

0 Komentar